rombengdisurabaya.com

Jual Barang Bekas Secara Online & Website Terbaik Untuk Jualan

jual beli barang antik kuno bekas Rombeng di Surabaya

Mengapa menjual barang bekas secara online?

Pada tahun 2017, 40% pembelian barang bekas terjadi melalui web. Menurut laporan tahunan tahun 2020 untuk aplikasi fesyen bekas populer ThredUp, pasar barang bekas diperkirakan akan mencapai $64 miliar secara global pada tahun 2025.

Munculnya banyak situs web untuk menjual barang secara online telah mengubah ritel barang bekas dari pinggiran kota menjadi arus utama, menjadikannya pertimbangan penting bagi mereka yang ingin menjual produk secara online di toko mereka sendiri.

Namun, memulai usaha di bidang platform penjualan online bisa terasa seperti menavigasi labirin yang kompleks. Hal ini menimbulkan pertanyaan mengenai pertumbuhan yang terukur sambil menjaga profitabilitas, manajemen inventaris yang efektif, dan memilih pasar yang optimal untuk menjual barang.

Dalam postingan ini, kami akan memberitahu alasan mengapa orang membeli barang bekas dan bagaimana Anda dapat mulai menjual secara online untuk mendapatkan keuntungan. Kami juga akan menjelajahi situs penjualan online terbaik untuk dicoba, menawarkan wawasan berharga untuk kesuksesan toko Anda.

Terakhir, kami akan menyimpulkan dengan beberapa tips profesional tentang cara terbaik menjual barang secara online yang tidak lagi Anda gunakan. Namun pertama-tama, mari kita pahami dulu pro dan kontra menjual barang secara online.

Kelebihan Menjual Barang Bekas Secara Online

1. Akses ke khalayak luas

Situs penjualan online seperti eBay memiliki jutaan pengguna, memberikan potensi visibilitas tinggi untuk barang Anda.

2. Kepercayaan yang tertanam melalui platform penjualan yang memiliki reputasi baik

Situs dengan pengenalan nama yang kuat memberikan kredibilitas pada etalase virtual Anda, sehingga meningkatkan kepercayaan pembeli.

3. Peluang berjualan 24/7

Tidak seperti pasar fisik, platform online beroperasi sepanjang waktu, memungkinkan penjualan kapan saja.

Kekurangan Menjual Barang Bekas Secara Online

1. Kesempatan bercerita yang terbatas untuk item Anda

Daftar online menyediakan ruang terbatas untuk mendeskripsikan sejarah atau nilai suatu item, sehingga memerlukan keterampilan copywriting yang efektif.

2. Konsumen akan lebih sadar dengan harga karena kemudahan dalam membandingkan harga

Pembeli online cenderung membandingkan harga secara sistematis, sehingga membuat mereka lebih sensitif terhadap variasi harga.

3. Meningkatnya skeptisisme konsumen karena ketidakmampuan memeriksa barang secara fisik

Pembeli mungkin lebih berhati-hati karena mereka hanya dapat mengandalkan foto dan deskripsi untuk menilai kondisi suatu barang.

Tempat Mendapatkan Barang Bekas untuk Dijual

Ada beberapa tempat yang terbukti benar untuk menemukan permata tersembunyi untuk usaha bekas Anda. Namun, mengingat prinsip “biaya peluang” adalah hal yang penting. Setiap jam yang dihabiskan untuk menelusuri tempat toko barang bekas sama dengan satu jam yang diambil untuk benar-benar menjual.

Ini mungkin merupakan hal positif jika Anda menemukan barang langka yang membuat semuanya berharga. Namun pastikan Anda tidak kehilangan uang saat mencari barang untuk etalase Anda.

Oleh karena itu, berikut adalah tempat yang paling sering digunakan untuk mencari barang bekas:

1. Penjualan garasi

Penjualan garasi adalah salah satu tempat terbaik untuk menemukan barang bekas karena, sejujurnya, sebagian besar penjual garasi tidak mengetahui nilai sebenarnya dari barang mereka.

Ditambah dengan fakta bahwa garage sale adalah tentang kenyamanan (menyingkirkan barangnya), hal ini menjadikannya tempat yang tepat untuk menegosiasikan harga yang lebih rendah.

2. Toko barang bekas

Barang bekas yang langka sering kali sampai ke toko barang bekas. Keuntungan dari toko-toko ini adalah jam bukanya (tidak seperti garage sale), menjadikannya sasaran empuk untuk pemindaian cepat harian.

Barang yang benar-benar bagus cenderung diambil dengan cepat, jadi daripada melakukan perjalanan selama satu jam, pilihlah pemindaian toko yang cepat dan berkala. Hal ini juga menjaga biaya peluang Anda tetap rendah sehingga Anda tidak membuang-buang waktu yang berharga.

3. Pasar Loak

Pasar loak, seperti garage sale, biasanya dibatasi waktu hingga akhir pekan. Ini berarti Anda harus lebih berhati-hati dalam menjalankan pasar loak untuk mendapatkan barang terbaik.

Selain itu, tibalah di sana setidaknya 20 menit sebelum jam buka untuk memastikan Anda mendapatkan pilihan pertama dari barang yang tersedia.

4. Craigslist

Craigslist, mirip dengan garage sale, sering kali penuh dengan penjual yang tidak mengetahui nilai sebenarnya dari barang mereka. Sama seperti garage sale, tempat ini penuh dengan orang-orang yang ingin membersihkan diri dan bersiap untuk bernegosiasi.

Keunggulan dibandingkan pengalaman garage sale tradisional adalah dengan situs jualan online ini, Anda bisa melakukannya dari mana saja dan buka sepanjang waktu.

Situs Web Terbaik untuk Menjual Barang Bekas Secara Online

Jadi, sekarang setelah Anda memikirkan pembeli ideal dan strateginya, Anda siap memilih platform untuk mulai menjual barang bekas Anda.

Cara terbaik untuk menjual barang secara online adalah dengan terhubung dengan target demografis Anda dan permintaan pencarian khusus mereka. Dengan kata lain, temui mereka di tempat yang mereka tuju.

Jika Anda tidak memiliki situs web sendiri untuk penjualan eCommerce, cara terbaik adalah memanfaatkan situs web eCommerce pihak ketiga.

Ada lusinan situs penjualan online, namun tidak semuanya diciptakan sama. Pada bagian berikut, kami akan memeriksa situs dengan berbagai tingkat peraturan, biaya pencatatan, pasar yang cocok untuk penjualan massal atau etalase, dan banyak lagi.

1. AMAZON

Dengan banyaknya keuntungan bekas yang dihasilkan, tidak mungkin pasar terbesar di dunia ini akan ketinggalan dalam menggarap ladang tersebut.

Namun, program penjual individu Amazon tidak dibuat untuk menjadi pengganti garage sale, dan standar kualitasnya tinggi untuk mendorong lebih banyak penjualan online.

Ini berarti Anda tidak bisa hanya mencantumkan barang bekas Anda dengan beberapa gambar ponsel pintar sembarangan seperti yang Anda lakukan di pasar eBay, Craigslist, atau Facebook.

Sebaliknya, pertimbangkan program Fulfillment by Amazon (FBA) sebagai sarana yang layak untuk menjual barang bekas Anda.

Program ini dirancang untuk penjual perorangan yang membutuhkan dukungan pihak ketiga dari Amazon, namun Anda dapat menggunakannya sebagai sarana untuk menjual barang bekas Anda secara online.

Di sebagian besar halaman produk Amazon, di bawah deskripsi, Anda akan melihat tautan kecil yang bertuliskan, “Baru & Bekas mulai $90 + GRATIS ongkos kirim.”

Mengklik tautan itu akan menampilkan semua daftar bekas yang dikirimkan oleh penjual dan dipenuhi oleh Amazon.

Berikut cara agar Anda dapat terdaftar di tempat tersebut: buat akun Amazon FBA, kumpulkan barang bekas Anda, masukkan ke dalam kotak, dan dokumentasikan setiap barang di dalam kotak dengan UPC, ISBN, atau ASIN-nya. Kemudian, ikuti petunjuk pengiriman Amazon. Sesederhana itu.

Anda akan membayar biaya sebagai kompensasi Amazon atas pemenuhan, pencatatan, dan penyediaan dukungan pelanggan pada item Anda.

Amazon merupakan situs jualan online yang asli dan memiliki potensi yang luar biasa bagi siapa saja yang ingin mulai berjualan online.

2. ETSY

Etsy adalah pasar premium yang tak terbantahkan untuk barang-barang buatan tangan dan kerajinan. Namun, toko ini juga memiliki etalase yang berkembang pesat untuk barang-barang antik.

Namun standar kualitasnya tinggi. Anda tidak bisa hanya mengirimi mereka banyak barang bekas dan berharap yang terbaik. Etsy menganggap barang antik berusia 20 tahun atau lebih.

Artinya Etsy adalah salah satu situs online teratas untuk barang-barang antik, termasuk:

  • Mebel
  • Barang koleksi (seperti kartu atau patung)
  • Alat-alat musik
  • Pakaian
  • Seni (patung, lukisan, dekorasi)
  • Buku atau majalah

Menjual di Etsy memberikan keuntungan yang signifikan: Anda tidak akan bersaing dengan gelombang barang bekas bernilai rendah. Faktanya, infrastruktur penjualan Etsy adalah yang terbaik, dan menarik pelanggan yang sering kali bersedia mengeluarkan lebih banyak uang untuk barang-barang yang tidak Anda inginkan.

3. Facebook

Facebook Marketplace berfungsi sebagai alternatif yang lebih terorganisir dan teregulasi dibandingkan Craigslist. Meskipun tidak dirancang untuk mengakomodasi perusahaan barang bekas berskala besar seperti beberapa pasar yang disebutkan di atas, ini adalah platform yang sangat baik untuk penjualan individu barang bekas dan tempat yang ideal untuk menjual barang secara lokal.

Apa yang kurang dari Facebook Marketplace dalam hal skala, diimbangi dengan kenyamanan dan keamanan. Etalase terintegrasi dengan mulus ke dalam aplikasi Facebook, dan elemen sosial platform memungkinkan penjual memeriksa calon pembeli melalui profil mereka (mengingat mereka tidak disetel ke pribadi).

Proses ini secara signifikan membantu menghilangkan penipu atau individu yang umumnya tidak jujur. Membuat profil penipu yang meyakinkan di Facebook jauh lebih menantang daripada di Craigslist, atau setidaknya, lebih sulit untuk tidak terdeteksi di Facebook.

Selain itu, faktor kenyamanan juga menjadi perhatian. Bukan hal yang aneh jika barang yang terdaftar di Facebook Marketplace dapat terjual dengan uang tunai dalam waktu kurang dari satu jam. Jadi, jika Anda ingin menghindari peraturan pasar yang lebih besar dan lebih memilih menjual barang secara online secara lokal, Facebook Marketplace menghadirkan pilihan yang sangat baik.

Penutup

Perjalanan untuk membuat toko Anda sendiri untuk menjual barang bekas secara online adalah petualangan menarik yang memiliki potensi yang belum dimanfaatkan dan jalur yang menguntungkan. Seperti yang telah kita jelajahi, pasar barang bekas masih jauh dari berkurang; sebaliknya, sistem ini berkembang pesat dengan proyeksi pertumbuhan yang menjanjikan.

Memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh platform ecommerce tidak hanya menumbuhkan budaya berkelanjutan namun juga dapat menghasilkan usaha bisnis yang menguntungkan. Baik Anda merambah dunia penjualan kembali online sebagai hobi atau sebagai langkah wirausaha yang serius, toko online Anda sendiri dapat memainkan peran penting dalam membentuk masa depan pasar barang bekas.

Dalam lanskap e-commerce yang terus berkembang, seni menjual barang bekas secara online bukan lagi sekedar niche, namun menjadi bagian penting dari ekosistem ritel yang lebih luas.

Kunci kesuksesan terletak pada pemahaman pasar, memaksimalkan alat yang Anda miliki, dan terus beradaptasi dengan tren baru dan preferensi pelanggan.

Semoga berhasil dengan usaha Anda.